Banyak orang anti terhadap ateis, terutama orang beragama. Sebab ateis itu tidak percaya akan keberadaan Allah dan yang diper-Allah-kan. Meskipun kalau ditanya kenapa anti, toh juga mereka tidak mampu memberi jawaban memuaskan.

Biar Anda tahu, ateis menyangkal keberadaan Allah dan yang diper-Allah-kan. Mereka tidak percaya akan adanya sumber dari segala sesuatu (pencipta), ada yang penuh tak kurang suatu apa pun (nilai-nilai keutamaan), dan yang sempurna dari segala cela (tentang dosa).

Tetapi perlu Anda tahu bahwa mereka ini menyangkal adanya Allah bukan berarti menyangkal Allahnya agama-agama. Mereka tidak mengganggu kepercayaan orang lain. Mereka menyangkal Allah untuk dirinya sendiri, bukan untuk orang lain. Jadi mereka hanya percaya apa yang ada selagi ada dalam jangkauan kemampuan mereka untuk mempercayainya.

Tidak terikat nilai

Karena mereka tidak terikat dengan nilai-nilai keutamaan religiusitas, maka mereka mengandalkan keutamaan manusiawi. Bila kaum agamis berbuat baik demi surga atau demi Allah-nya, kaum aters berbuat baik untuk dirinya sendiri dan orang lain, serta segala sesuatu yang ada di sekitar mereka tanpa terikat sesuatu yang tidak mengikat mereka.

Tetapi bukan berarti mereka mau berbuat apa saja yang mereka mau. Sebab konsepnya sederhana, saya baik untuk diriku maka saya juga baik terhadap sesama dan segala sesuatu yang ada di sekitarku.

Mereka hanya mengikuti nilai-nilai universal tanpa ada kaitannya dengan siapa pemegang kebenaran utama, kebaikan sejati, dan lain-lain seperti yang orang beriman atau beragama yakini.

Jadi hidup mereka lebih nikmat, sebab berhadapan dengan apa yang ada, bukan dengan apa yang ada tetapi tidak ada, Allah.

Tetapi ingat, lebih nikmat belum tentu lebih berarti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s