Setelah membaca beberapa tulisan saya di seword.com atau di status media sosial, mereka yang gagal paham lalu menuduh dengan berbagai macam tuduhan.

Ada tuduhan bahwa saya ateis. Mungkin mereka membaca statusku soal ateis. Mereka menganggap bahwa ketika memberi kebebasan kepada setiap orang mau percaya atau beriman kepada Allah atau tidak adalah tindakan mendukung ateis dan menjadi sama dengan mereka. Orang-orang ini gagal paham.

Kita membela seseorang tidak membuat kita sama dengan mereka. Misalkan, membela pencuri dari tindakan main hakim sendiri tidak membuat kita menjadi pencuri juga.

Bahkan ketika kita membela kebenaran pandangan tertentu tidak menjadikan kita sama dengan mereka. Misalkan, ketika seorang Kristen meyakini kebenarannya tentang predestinasi, maka dapat dibenarkan sebab jika tidak maka Allah akan dengan sendirinya mencipta secara serampangan dan membiarkan ciptaan dalam kekacauan. Allah harus menentukan sesuatu tentang ciptaannya, akan mejadi apa dia nanti, dan untuk apa dia ada.

Tuduhan bahwa saya tidak konsisten. Mereka mungkin melihat dinamika tulisan dan statusku yang tidak selalu pada pihak dan pandangan yang sama. Tetapi Anda perlu tahu bahwa pandangan tertentu punya konteks, tidak selalu benar di mana saja. Maka sangat mungkin pandangan bisa berbeda pada kasus dan konteks yang berbeda.

Misalkan, ketika dulu saya berpendapat bahwa hukuman mati tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan karena sama saja dengan membunuh dan mencabut hak hidup seseorang yang hanya Allah dapat mengambilnya. Tetapi ketika berada dalam perang, TNI dapat saja membunuh tetapi untuk mempertahankan diri. Artinya dia membunuh bukan dimaksudkan membunuh melainkan mempertahankan diri.

Yang saya tidak pernah berubah adalah nilai, bahwa saya tidak akan pernah menentang nilai-nilai keutamaan universal, yaitu kebenaran, keadilan, kejujuran dan kebaikan. Konsistensi saya justru ketetapan saya berpegang pada nilai-nilai itu bukan pada apa yang menurutku atau kelompkku benar.

Membenci Islam dan Agama lain.

Akan kita lanjutkan di lain kesempatan.

Leave a Reply

