Pertanyaan ini sangat relevan untuk fenomena Islam akhir-akhir ini. Kenapa? Karena pengikutnya menunjukkan sifat Allah yang diimaninya.

Bagaimana mungkin Allah yang kamu yakini itu baik bila demi Dia kamu menghalalkan segala cara. Banyak contoh. ISIS dan teroris adalah contoh paling tepat. Hanya kejahatan yang menggunakan kejahatan untuk mencapai tujuannya.

Sesuatu yang dihina langsung marah membabi-buta adalah ciri kejahatan. Jika ia baik maka menanggapi hal jahat pun ia pasti sabar. Sebab kesabaran hanya mungkin bila diperuntukkan demi kebaikan. Maka kalau gampang merasa terhina ia tidaklah baik. Dia pasti jahat.

Tetapi di sisi lain, hakikat Allah itu adalah baik pun juga dengan agama. Semua orang meyakini bahwa agama adalah manifestasi kebaikan Allah sekaligus representasi keallahan-Nya. Maka seharusnya agama menjadi bukti kebaikan Allah.

Demikian juga dengan Islam adalah agama yang menjadi manifestasi kebaikan Allah sekaligus representasi Allah di dunia fana ini.

Judul di atas adalah pertanyaan serius. Sebab sebagai orang yang yakin bahwa Allah itu baik tentu harus meyakinkan itu.

Bagaimana meyakini kebaikan Allahmu jika kamu menunjukkan sikap yang jauh dari kebaikan. Yakinlah bahwa apa yang kita yakini tampak dari apa yang kita lakukan.

Kalau kamu meyakini Allahmu baik maka kebaikan lah outputnya bukan kejahatan. Allahmu maha penyayang lagi pengasih, maka kamu pun harus menyayangi dan mengasihi sesamamu.

Saya berharap pembaca yang munkin kebetulan beragama Islam tidak mengutamakan kemarahan. 

Maka seharusnya Islam, khususnya Indonesia harus mengambil langkah tegas dan serius agar menjawab pertanyaan itu. Islam harus menunjukkan bahwa Allah yang mereka yakini adalah Allah yang maha baik. Agar pertanyaan dalam judul tulisan ini tidak menjadi acuan banyak orang.

Jawabannya pasti Anda sudah tahu. Allahnya Islam itu baik sebagaimana Allah agama lain juga baik.

Kejahatan yang ada hanya kelemahan umat-Nya yang belum memahami kehendak Allah. Ini menjadi tugas dan kewajiban kita masing-masing. Bagi yang Muslim, membantu saudara merepresentasikan keallahan Allah-nya. Bagi saya dan non-muslim, mendukung Anda berubah menjadi lebih baik dan tentu mengingatkan jika ada hal yang perlu diingatkan.

Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s